LVLueB

 

Disini kalian bisa melihat kerajinan tangan yang aku buat dan juga tips dan cara membuatnya. LVLüB/LVLueB adalah nama label untuk kerajinan tanganku. 

Semoga bisa bermanfaat!

Kalau kalian men-copas karya atau tulisanku, tolong cantumkan juga namaku dan link websiteku. Thanks! :)

Cupcake Oven

Beberapa hari yang lalu aku membuat kerajinan tangan “Cupcake Oven” yang bentuknya seperti oven tapi berukuran kecil dan cukup untuk... Read more →

Money Roll Box

Biasanya kita menggunakan kartu ucapan dan menyelipkan uang didalamnya ketika memberi hadiah untuk ulang tahun, kelulusan atau acara-acara lainnya. Supaya... Read more →

Kemarin aku dapat notifikasi email dari blogku kalau ada orang yang copas salah satu tulisanku disini! Orang tersebut sudah melanggar aturan hak cipta karena selain mencopas tanpa ijin, dia sengaja menghapus namaku diakhir tulisanku dan tidak mencantumkan sumbernya juga. Setelah aku cek seluruh isi free website dia yang (ternyata) baru bikin, orang ini ternyata cuma plagiat milik orang lain aja. Karna tidak hanya dia mencopas tulisanku, tapi dia mencopas dari orang-orang. Okay, dicopasan dia itu, dia mencantumkan sumbernya tapi kenapa yang dari punyaku dia ngga tulis sumbernya??? Aneh kan? 

Sepertinya orang ini ingin buka online shop yang menjual kartu pop up dan kerajinan tangan dari kertas lainnya. Postinganku yang dia copas adalah tentang bagaimana cari membuat Exploding Box.  Dan link dibawah ini adalah postingan dia yang mencopas tulisanku:  

Kemarin aku sudah kirim komentar di postingan dia itu tapi seperti yang sudah aku duga, dia cuekin komentar protesku. Dan pagi ini aku kirim email dia lewat kontak yang dia berikan di websitenya dibawah ini.

Aku tidak masalah kalau ada orang yang mencopas tulisanku TAPI etikanya adalah minta ijin, mencantumkan sumbernya dan tidak menghapus nama penulisnya! Karna aku nulis dan bikin tutorialnya pakai mikir dan membutuhkan waktu juga. Kayaknya di Indonesia itu banyak banget orang yang malas dan suka plagiat ya. Asal bikin free website tapi isinya plagiat semua. Ngga kreatif!

Aku sudah melaporkan masalah ini ke pihak WordPress dan sekarang sedang menunggu prosesnya. Karna masalah plagiat itu bukan masalah yang sepele! Semoga aja dia segera menghapus copasan dia atau, setidaknya menambahkan sumbernya dan namaku – kalau dia punya etika dan beriman* ( *: kata orang ini di akun Instagramnya)

In the past ideas came from the brain, now they came from google.

TRUE!!!

Anyway, It’s Friday dan aku ngga mau mikirin ini lebih dalam lagi. Sekarang tinggal tunggu konfirmasi dari WordPress mengenai laporanku aja. 

Have a great weekend! xoxo

Blog sebelumnya aku membahas tentang hak ciptaku yang dilanggar oleh seseorang, alias, dia memplagiat blog aku. Aku melaporkan kejadian ini dihari orang itu mencopas tulisanku ke bagian support hak cipta di WordPress. Dan ternyata respon dari WordPress cepat sekali, begitu juga tindakan dari mereka. Setelah mereka merespon email laporanku, mereka langsung memeriksa dan menindak lanjutinya dengan menghapus konten copasan orang itu di blognya. (Screenshotnya ada dibawah.)

Konten plagiat orang itupun juga sudah dihapus oleh pihak support hak cipta dengan catatan bahwa kontennya telah dihapus karena adanya pelaporan hak cipta oleh aku. 

DMCA adalah Digital Millennium Copyright Act, hukum hak cipta Amerika Serikat. Mereka mengendalikan akses karya-karya orang yang berhak cipta.

Aku ngga menyangka kalau support perihal hak cipta di WordPress sangat cepat. Pikirku, “ah, paling bakalan nunggu lama prosesnya”. Ternyata cuma butuh sehari aja untuk mereka menindak lanjuti masalahku. Pastinya lega dan senang karna masalahku terselesaikan dengan cepat. Tapi aku akan lebih berhati-hati dan akan ada sedikit perubahan dalam postingan blog-ku kedepannya.  

Untuk kalian yang juga memiliki blog, semoga kejadian ini tidak akan terjadi ke kalian dan kalau hak cipta kalian dilanggar orang, langsung laporkan ke support Hak Cipta.

xoxo,