Kue Stroberi tanpa telur dan mentega

Bisa ngga sih membuat kue tanpa telur dan mentega? Yepp, bisa kok! Sebagai pengganti mentega bisa menggunakan minyak goreng yang terbuat dari bunga matahari (misalnya). Aku lupa dimana aku mendapatkan resep ini, jadi tidak bisa aku cantumkan link-nya. Seingatku dulu ketika musim stroberi tiba, aku beli banyak buah stroberi langsung dari kebunnya, karna selain lebih murah, buahnya juga organic. Rencana ingin buat kue dan sisanya untuk cemilan dirumah. Sesampainya dirumah, buka kulkas ternyata aku belum belanja telur dan mentega. Padahal biasanya aku selalu sedia telur dikulkas, tapi waktu itu entah kenapa bisa ngga ada persediaan. Akhirnya googling “Strawberry cake without egg and butter” dan ternyata ada resepnya juga. Resep ini termasuk resep dengan kategori vegetaris/vegan karna tidak memakai telur dan mentega tadi. Jadi buat kalian yang vegetarian, resep ini cocok banget buat kalian.

Resep kue stroberi tanpa telur dan mentega

Bahan-bahan untuk kue:

175 g         gula pasir

250 ml        air mineral

6 sdm.        minyak bunga matahari

4 sdt.          bubuk baking

1 bungkus  gula vanila

225 g          tepung terigu

Topping:

400 g    stroberi kebun

1 bungkus agar-agar

Minyak untuk dioleskan ke loyang kue

Caranya:

Tuang semua bahan kue ke mangkuk besar dan aduk dengan mixer sampai adonan rata. Kemudian olesi loyang kue dengan minyak secukupnya dan panaskan oven dengan temperatur 180 derajat C.

Tuangkan adonan kue ke loyang yang sudah diolesi dengan minyak dan masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 20-25 menit. Setelah adonan menjadi kue, keluarkan dari oven dan dinginkan.

Cuci stroberi sampai bersih, buang ujungnya dan belah menjadi 2. Buat agar agar menurut petunjuk yang ada di kemasan, dinginkan sebentar. Taruh stroberi diatas kue, atur sesuai selera dan tuang cairan agar agar diatasnya. Dinginkan sampai agar agarnya jadi.

Bisa dinikmati dengan secangkir kopi atau segelas teh 🙂

Selamat mencoba

Xoxo

Subscribe and share
error

Leave a Reply

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)