Apple Pie Cake – Martha Stewart

Harapan vs Realita

Waktu melihat postingan Martha Stewart di Instagram beberapa waktu yang lalu, aku langsung save video pendeknya tentang cara membuat Apple Pie Cake dan berencana ingin mencobanya juga. Di Jerman juga identik dengan Apple Cake (Apfelkuchen), yaa hampir-hampir mirip dengan Appple Pie-nya orang Amerika, menurutku. Hanya beda sedikit resepnya saja.

Kemarin akhirnya sempat membuat Apple Pie Cake-nya Martha Stewart dan ternyata harapan ridak sesuai dengan realita (lihat gambar diatas). Salah aku juga sih karena ambil loyang kuenya yang ukuran besar, jadi adonan menjadi tipis *sigh*. Buuuuut (baca tapi, dengan nada panjang) rasanya enak lho *horeee*. Aku pikir, waktu melihat kue aku keluarkan dari loyang dan menjadi tipis, rasanya juga amburadul. Ternyata yang salah adalah ukuran loyangnya. Loyang yang aku gunakan berukuran 28 cm (diameternya), sedangkan di resep harusnya menggunakan loyang berukuran 22 cm.

Okay ini cara membuat Apple Pie Cake (Resep dari Martha Sewart). Bagi yang bisa Bahasa Inggris, bisa langsung buku link disini ya.

Bahan:

  • 2 kg Apel hijau
  • 130 gr Gula merah
  • 2 sdt Kayu manis bubuk
  • 230 Mentega, potong kotak-kotak
  • 273 g tepung
  • 1 buah jeruk lemon

Cara membuat:

Campur gula merah, 1 sdt kayu manis bubuk dan tepung, aduk rata. Masukkan mentega, aduk hingga merata. Siapkan loyang berukuran 22 cm yang sudah diolesi mentega. Kemudian masukkan 2/3 adonan kue kedalam loyang, tekan-tekan dan ratakan. Panakan oven dengan suhu temperatur rendah.

Potong kecil-kecil buah apel, jangan lupa dicuci dulu dan buang kulitnya. Masukkan potongan apel ke mangkok lain dan masukkan 1sdt. kayu manis bubuk dan perasan jeruk lemon, aduk merata dan tuangkan campuran apel diatas adonan yang ada di loyang dan tutup dengan sisa adonan kue. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 1 jam 15 menit, dengan temperatur oven 180 derajat celcius. Setelah menjadi kue, keluarkan dan dinginkan sebentar sebelum kue dikeluarkan dari loyang. Kue bisa dinikmati dengan whip cream juga.

xoxo

Subscribe and share
error

Leave a Reply

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)