Mengenal Gejala Nervous Breakdown

Nervous Breakdown adalah tanda-tanda orang sedang mengalami stress berat atau kelelahan emosi dan mental. Ngga banyak yang menganggap gejala ini serius dan ngga banyak juga yang membicarakan hal ini. Karna banyak yang menganggap bahwa orang yang mengalami stress berat atau mental breakdown adalah sama dengan orang gila. 

Tanda-tanda orang yang mengalami nervous breakdown bisa dilihat dari perubahan mood mereka, apa yang mereka rasakan atau karakter mereka yang berubah. Ada pula yang mengalami perubahan fisik. Tetapi setiap orang berbeda-beda. Tidak semua orang yang mengalami stress berat atau mental breakdown mengalami perubahan fisik. Alasan mereka mengalami stress berat juga berbeda-beda.

Lalu apa saja sih tanda-tanda orang mengalami gejala stress berat?

  • Merasa terisolasi.  Mereka biasanya akan menarik diri dari lingkar sosial mereka dan juga dari lingkungan keluarga mereka.
  • Merasa sulit untuk berkonsentrasi. Biasanya sulit untuk melakukan pekerjaan dan mudah bingung.
  • Murung. Sikapnya gampang murung, frustasi, lelah mental dan fisik. Kadang juga merasa hilang harapan, tak berdaya, menangis dan marah-marah.
  • Gangguan depersonalisasi/derealisasi. Mereka merasa terputus atau terlepas dari diri sendiri atau dari situasi. Kadang merasa buruk tentang dirinya sendiri.
  • Berhalusinasi. Bayangan samar-samar dari masa lalu yang dikarenakan oleh stress atau trauma ada kaitannya dengan gangguan stres pascatraum atau sering disebut PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder). Sebaiknya konsultasi ke dokter jika merasa seperti ini.
  • Merasa paranoia (parno). Merasa seperti ada yang selalu memperhatikan dia atau merasa ada yang mengikuti/stalking.
  • Ada pikiran untuk menyakiti diri sendiri. Jika kamu pernah berfikiran untuk menyakiti diri kamu sendiri, segeralah minta pertolongan secara profesional.
Gejala Fisik apa yang ditunjukkan?
  • Insomnia. Ketika kamu sedang banyak pikiran, ini akan menyebabkan kamu untuk susah tidur atau tidurmu bisa terganggu oleh pikiran-pikiran dikepala
  • Tak berenergi. Kurang tidur bisa menyebabkan fisik tubuh jadi capek dan tak berenergi yang banyak untuk melakukan pekerjaan di rumah atau di tempat kerja.
  • Sakit kepala atau pusing. Sering sakit kepala atau pusing yang kadang rasanya seperti mau pingsan.
  • Nyeri otot. Otot yang tegang dan nyeri otot terutama dibagian rahang, leher dan punggung dari otot-otot yang tegang.
  • Detak jantung yang meningkat. Detak jantung seperti berdebar-debar, merasa tekanan di dada atau benjolan di tenggorokan yang sering membuat susah untuk bernafas karna kepanikan menyerang dan gelisah.
  • Berkeringat. Sering berkeringat panas atau dingin dan tangan juga berkeringat.

Orang yang mengalami gejala stres berat biasanya menarik diri dari lingkar sosial dan keluarganya. Sering juga mengabaikan praktik gaya hidup sehat dan kebersihan badan. Jika ada teman kamu atau saudara kamu yang mempunya gejala ini, sebaiknya segera di konsultasikan ke dokter atau penasehat dibidang ini sebelum mereka depresi.

Saat ini ada acara dokumentasi berseri tentang mental health berjudul “The Me You Can’t See” yang diproduseri oleh Oprah dan Prince Harry di Apple TV. Di seri pertama ada Oprah, Prince Harry dan juga lady Gaga yang saling bercerita tentang pengalaman mereka dengan mental health dan juga trauma yang mereka alami di masa lalu. Seri dokumentasi ini bagus dan sudah bikin aku nangis juga🥲

Selamat berakhir pekan xoxo

-Sources: Healthline & Health Kompas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)