Traveling,  Vacation,  Virtual Tour

Virtual Travel

Libur musim panas di propinsi kami minggu depan akan tiba dan biasanya orang-orang pergi berlibur bersama keluarga. Tahun ini agak beda dari tahun-tahun sebelumnya karna pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir. Meskipun tempat-tempat wisata sudah banyak yang buka dengan protokol kesehatan yang harus dijalankan, banyak orang yang masih ragu untuk pergi liburan. 

Bagi yang ngga bisa/enggan pergi liburan, kalian bisa lho liburan secara virtual. Tentunya wisata virtual tidak bisa dibandingkan dengan wisata secara nyata tapi setidaknya bisa sedikit menghibur dan kita juga bisa belajar tentang fakta menarik dari tujuan wisata dimana aja dan juga bisa mendapatkan inspirasi untuk liburan di waktu mendatang. Anggap aja kita lagi video calling sama dunia 🙂

Baca sampai selesai ya. Karna banyak tempat wisata yang menarik untuk Bucket list kalian nanti.

Disclosure: This post contains affiliate links. If you click on one of them, and make a purchase I’ll receive a commission
Apa aja yang kita butuhkan untuk Virtual Travel?

Gampang banget kok. Kalian cuma butuh laptop/komputer, ponsel, tablet dan jaringan internet, tentunya. Ngga perlu pake VR set (Virtual Reality set). Tapi kalau punya akan lebih asik lagi.

Browser yang bagus untuk virtual travel adalah Google Chrome. Karna banyak situs website yang memakai Bahasa Inggris dan Google Chrome bisa secara otomatis menerjemahkan situs yang kalian kunjungi.

Kita mulai dengan situs UNESCO terkenal di Asia
Credit: XavierGibert on fivehundredpx
Candi Borobudur, Indonesia

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Dibangun sekitar tahun 800-an Masehi pada masa wangsa Syailendra. Candi Borobudur memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha.

Ditemukan pada tahun 1814 oleh Thomas Stamford Raffles setelah terkubur oleh debu vulkanik dan kemudian mengalami pemugaran pada tahun 1970-an. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982.

Candi Borobudur dikunjungi lebih dari 2.5 juta wisatawan per tahunnya, merupakan tujuan wisata sering dikunjungi di Indonesia. Klik disini untuk memulai virtual travel kalian.

Credit: Pinterest
Bagan, Myanmar

Bagan dikenal sebagai “lautan candi” karna ribuan candi Buddha, stupa dan pagoda yang dibangun di lokasi seluas 40 km persegi. Saat ini merupakan zona arkeologi terbesar di dunia.

Awal mulainya dibangun pada tahun sekitar 1000 -1100an ada 10.000 candi Buddha, biara dan pagoda. Tetapi hanya sekitar 2000 yang saat ini masih ada.

Saking luasnya, kalian ngga bisa cuma jalan kaki untuk mejelajahi candi demi candi di Bagan. Yang pasti disana banyak yang menawarkan untuk mengantar kalian keliling Bagan.

Salah satu aktifitas yang sering dilakukan disini adalah naik balon udara pada saat matahari terbit. Karna Bagan akan terkesan lebih mistis, katanya. Coba lihat sendiri disini.

Credit: Nancy Love
Terracotta Army,  Cina

Situs warisan dunia ini bukanlah candi atau kuil. Melainkan tanah pemakaman kaisar pertama Tiongkok dari dinasti Qin Shi Huang dan tentara beserta kudanya yang terkenal di dunia.

Tentara terakota di X’ian atau dikenal juga sebagai Terracotta Warriors and Horses adalah koleksi terakota pasukan tentara dan kuda dengan ukuran asli, yang berdiri dengan formasi siap bertempur. Terletak di dekat makam dari kaisar pertama dinasti Qin Shi Huang.

Tidak tahu persis berapa banyak pasukan tentara terakota yang dibuat. Diperkirakan lebih dari 8000 tentara, 130 kereta kuda dengan 520 kuda. Yang menakjubkan adalah setiap prajurit memiliki fitur wajah yang berbeda. Yuk, kita liat bareng-bareng seperti apa Terracotta Warriors ini.

Situs terkenal di Eropa
Bremen Rathaus (Balai kota) Bremen, Jerman
Bremen Rathaus, Bremen Jerman

Bremen Rathaus atau balai kota di kota Bremen di Jerman merupakan salah satu situs UNESCO terkenal di Eropa. Termasuk salah satu balai kota indah di Jerman. Terletak sangat sentral, di alun-alun pasar yang bersejarah. Ini adalah salah satu tempat wisata yang paling tekenal di Bremen dan salah satu tempat wisata yang banyak di foto juga. Aku sudah pernah punya kesempatan masuk kedalam balai kota 🙂

Ada banyak tamu terkenal/berpangkat tinggi yang disambut di balai kota ini, salah satunya adalah  Michael Jackson.

Balai kota Bremen dibangun pada abad ke 15 dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2004, bersamaan dengan patung Roland yang berada didepan balai kota.

Ada banyak foto-foto balai kota Bremen yang masih beratap hijau dan coklat. Pada tahun 2017 atap balai kota diperbarui dengan atap berwarna kecoklatan. Katanya, nanti warnanya lama-lama akan berubah menjadi hijau lagi. Bentuk arsitektur luar dan dalam sangat menakjubkan. Yuk, kita lihat bareng-bareng disini.

Credit: Besthqwallpaper
Akropolis Athena, Yunani

Acropolis diterjemahkan menjadi ‘kota tinggi’ dalam Bahasa Yunani. Ini adalah situs paling terkenal di seluruh Athena, yang bertengger di atas bukut di pusat kota. Dari semua struktur yang ditemukan di Akropolis, Parthenon adalah yang paling tekenal. Parthenon adalah bekas kuil yang dipersembahkan untuk dewi Yunani Athena.

Pembangunan candi dimulai pada 447 sebelum masehi dan berlanjut hingga 432 sebelum masehi. Seperti bangunan-bangunan Akropolis lainnya, Parthenon juga mengalami kerusakan besar selama bertahun-tahun. Dari pemboman, gempa bumi hingga vandalisme. Namun demikian, sebagian besar bangunan tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang. Mulai wisata virtual kalian disini

Credit: Bestplaceworld
Stonehenge, Kerajaan Inggris

Merupakan bagungan yang dibangun pada zaman perunggu dan neolitikum. Stonehenge adalah situs paling unik dan banyak dikunjungi di Inggris. Monumen prasejarah ini penuh dengan mitos dan dugaan, yang sampai sekarang banyak yang belum tahu asal dan tujuan bangunan ini.

Ada beberapa yang percaya bahwa Stonehenge adalah kuil kaum Druid sebagai pusat penyembahan keagaman mereka. Beberapa orang lainnya percaya bahwa bangunan ini adalah observatorium kuno. Yuk, pelajari fakta unik lebih lanjut dengan wisata virtual disini.

Wisata virtual Museum gratis

Credit: Getty Images

Caranya gampang banget! Kalian harus mengunduh aplikasi Google Arts & Culture di App Store atau Google Play Store di ponsel kalian. Tidak hanya museum, kalian juga akan menemukan tempat wisata menarik lainnya disini. Berikut adalah beberapa museum terkenal di dunia…

  • Musée d’Orsay, Paris – Kalau kalian menyukai seni, kalian akan menyukai museum ini. Banyak lukisan, fotografi dan perabot yang cantik.
  • Rijkmuseum, Amsterdam – adalah museum nasional belanda yang menyimpan karya seni paling terkenal di dunia seperti, Vermeer dan Rembrandt.
  • Museum Van Gogh, Amsterdam – Semua sudah tahu siapa Van Gogh 🙂
  • The British Museum, London – Museum yang terkenal di Inggris ini berisi koleksi sejarah manusia, seni dan budaya. Jumlah koleksi lebih dari 8 juta koleksi dan menjadikannya salah satu museum terlengkap di dunia.
  • Museum Pergamon, Berlin – Merupakan salah satu museum terbesar dan paling banyak dikunjungi di Jerman. Terkenal dengan koleksi kuno dan karya seni Islam dan Timur Tengah.
  • Museum Seni Metropolitan, New York – Dikenal juga dengan “The Met”. Museum ini menyajikan lebih dari 5000 tahun karya seni, termasuk seni Islam yang berasal dari abad ke 7 dan lukisan terkenal dari Edgar Degas yang berjudul The Dance Class.

Wisata alam dan keajaiban dunia lainnya 

Credit: Sutirta Budiman
  • Raja Ampat, Indonesia – Salah satu tempat wisata dan tempat selam paling indah di dunia. 
  • Pulau Komodo, Indonesia – Tempat wisata yang paling menarik di Indonesia yang wajib dikunjungi
  • Grand Canyon, Amerika Serikat – Nikmati pendakian virtual dan jelajahi salah satu taman nasional paling terkenal di USA.
  • Northen Lights, NorwegiaIt’s so magical!
  • Blue Lagoon, Islandia – Kolam air panas alami atau spa yang terbesar di dunia.
  • Neuschwanstein Castle, Jerman –  Kastil terkenal di Jerman, yang mana bentuk arsitekturnya di tiru oleh Disney 🙂
  • Air Terjun Viktoria, Afrika – Wisata virtual luar biasa dari air terjun terbesar di dunia.
  • Cliffs of Moher, Irlandia – Pemandangan yang menakjubkan dari tebing Moher
  • Tembok Besar Cina, Cina – Tembok panjang yang membentang dari timur ke barat sepanjang 21.000 km!
  • Roman Coloseum, Italia – Banguna bersejarah yang memiliki amfitheater besar, yang dapat memukau semua orang dengan keindahannya.
  • Fjords, Norwegia – Landscape pegunungan dan laut paling menakjubkan.
  • Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat – Surga bagi pecinta alam. Pastikan menggukan Google Chrome untuk wisata virtual ini. 
Wisata dari atas kota/Skyline
Credit: Hussain.pinolin
  • Kathedral St. Paul, London – Cakrawala yang luar biasa indahnya dari atas kathedral St. Paul. Pastikan sudah mengunduh aplikasi Google Arts & Culture untuk wisata virtual ini.
  • New York Skyline, New York – Kagumi keindahan kota yang tidak pernah tidur.
  • Menara Eiffel, ParisCity of love. Pemandangan kota yang menakjubkan dari atas.
  • Colorful Jakarta, Jakarta – Ada yang kangen kota halaman? Nikmati gemerlap kota Jakarta di malam hari.
  • The Peak, Hongkong – Salah satu kota terpadat dan termahal di dunia dari puncak tertingginya.
  • Tokyo Skytree, Tokyo – Bawa diri kalian secara virtual ke bangunan tertinggi di Tokyo dan kagumi ibu kota Jepang di malam hari.
Wisata virtual adalah cara melakukan perjalanan wisata gratis dari rumah.

Semoga dengan postingan ini bisa sedikit membantu kejenuhan kalian dan aku berharap kalian menikmati wisata virtual kalian disini. Beri tahu aku di kolom komentar, tempat wisata favorit kalian. 

Stay safe! xoxo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)