Seberapa penting Valentines Day / hari kasih sayang buat kalian? Mengungkapkan kasih sayang bisa tiap hari dan tiap saat. Tapi pada tanggal 14 Februari bagi mereka yang merayakan adalah puncaknya hari kasih sayang dan perlu dirayakan dengan memberi hadiah sebagai tanda kasih sayang,  seperti: coklat, bunga atau bahkan makan malam berdua. Karna ini adalah hari yang sangat spesial dari biasanya.

Gimana sih awal mulanya Valentine’s Day / Hari Kasih Sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari?

Hari Kasih Sayang / Valentine berasal dari nama dari salah satu Santo / saint (orang suci) terkenal bernama Santo Valentinus (St. Valentine). Ada banyak versi cerita tentang siapa sebenarnya St. Valentine. Tetapi versi cerita  yang paling banyak dipercayai adalah St. Valentine ini dulu adalah seorang pendeta pada abad ke-3 Masehi. Konon pada abad ini ada seorang kaisar bernama Kaisar Claudius II yang melarang adanya pernikahan. Menurutnya, pria yang yang sudah menikah adalah prajurit yang tidak baik. Valentine tidak menyetujui adanya larangan pernikahan karna baginya hal itu dianggap tidak adil. Valentine protes dan secara diam-diam dia merencanakan pernikahan untuk orang-orang. Aksi Valentine kemudian diketahui oleh Kaisar Claudius II dan Valentine dimasukkan ke penjara. Didalam penjara Valentine jatuh cinta dengan anak perempuan dari sipir penjara. Sebelum Valentine dibawa pergi untuk dibunuh pada tanggal 14 Februari, dia menuliskan surat cinta untuk anak perempuan dari sipir penjara dengan tertanda “Your Valentine”.

Hari Kasih Sayang pertama kali dirayakan pada tahun 496!

Tradisi kuno Hari Kasih Sayang berasal dari festival romawi. Sebuah perayaan yang bernama Lupercalia yang dirayakan oleh orang-orang Romawi dipertengahan bulan Februari. Festival ini juga menandai mulainya Musim Semi secara resmi. Salah satu bagian dari acara perayaan tersebut adalah, anak laki-laki akan mengambil nama anak peremuan dari sebuah kotak dan mereka akan menjadi pasangan selama acara perayaan berlangsung dan suatu hari nanti mereka anak menikah.

Beberapa tahun kemudian pihak gereja ingin merubah tradisi perayaan ini dengan sebuah perayaan secara Kristen dan memutuskan sebagai hari peringatan St. Valentine juga.

Tetapi dengan berjalannya waktu, orang-orang memperingati St. Valentine sebagai Hari Kasih Sayang untuk mengungkapkan perasaan cinta mereka kepada orang yang mereka cintai.😊

Surat dibawah ini dipercayai sebagai surat cinta tertua di Hari Kasih Sayang dalam Bahasa Inggris yang ditulis pada tahun 1477.

Credit: PA

TRUE LOVE doesn’t have a HAPPY ENDING. True love has NO ENDING.

Selamat Hari Kasih Sayang bagi kalian yang merayakan. 

xoxo,

Elvi

Subscribe and share
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *