Biasanya kita menggunakan kartu ucapan dan menyelipkan uang didalamnya ketika memberi hadiah untuk ulang tahun, kelulusan atau acara-acara lainnya. Supaya bentuk hadiah lebih kreatif dan lain dari biasanya, aku membuat kotak berisi uang yang bisa kita tarik keluar. Ide ini terinspirasi dari Simply Tya. Disini aku akan tunjukan bentuk dasarnya saja dan nanti kalian bisa menghias kotak uang dengan tema menurut selera masing-masing.

Material yang kita butuhkan:

  • Kertas karton ukuran 21 x 19 cm
  • Kertas karton motif/warna lain ukuran 10 x 15 cm
  • Kertas karton motif =
    •  9,7 x 10 cm
    •  9,7 x 4,2 cm
    • 4,2  x 4,2 cm

Alat yang aku gunakan:

  • Scoring board / Bisa pakai penggaris dan benda tumpul untuk menggaris kertas
  • Gunting
  • lem perekat /double tape

Cara membuat:

  1. Ukur sisi lebar kertas karton (19 cm) dari kiri dengan ukuran:  4,5 cm/9 cm/13,5 cm/18 cm seperti dibawah ini.

2. Ukur sisi panjang kertas karton (21 cm) dari kiri dengan ukuran: 1 cm/5,5 cm/15,5 cm/20 cm seperti dibawah.

3. Potong kertas karton mengikuti garis ukuran seperti dibawah.

pakai cutter untuk membuat lubang kertas ditengah

4. Lipat kertas karton yang sudah dipotong dan jadi pola kotak uang. Beri perekat sehingga membentuk sebuah kotak persegi panjang.

5. Siapkan kertas karton motif 10 x 15 cm/9,7 x 10 cm/9,7 x 4,2 cm/4,2 x 4,2 cm (2x).

6. Tempelkan kertas karton motif (9,7 x 4,2 cm/(2x) 4,2 x 4,2 cm) ke kotak uang. Untuk memudahkan proses perekatan, kita bisa menempelkan kertas karton motif ke pola kotak uang sebelum pola dibentuk menjadi kotak persegi panjang.

7. Sambung uang kertas pakai clear tape lalu digulung dan dimasukkan ke dalam kotak uang. Ujung uang kertas yang akan ditarik bisa diberi tambahan tag dari kertas karton (seperti gambar dibawah). Atau, tanpa tag juga bisa. Tergantung selera dan tema aja.

8. Tempelkan kertas motif (9,7 x 10 cm) ke kertas motif (10 x 15 cm). Kemudian tempelkan ke kotak uang yang sisinya tidak bermotif. Ini akan menjadi background kotak uang.

Kotak uang di gambar paling atas ini bertema ulang tahun yang aku buat untuk hadiah ulang tahun teman sekolah anakku. Aku dekorasi hanya dengan 3 balon dari kertas dengan titik-titik dari pen berwarna putih dan tulisan ucapan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Jerman.

Selamat mencoba dan salam kreatif!

xoxo,

Subscribe and share
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *