Vysehrad Area Apartment adalah nama apartemen kami menginap di Praha. Lokasinya kira-kira sekitar 2,5 km dari alun-alun Praha yang terkenal. Awalnya kami mencari hotel yang harga menginapnya sudah termasuk sarapan, tapi penginapan di Praha yang banyak ditawarkan adalah apartemen, hostel atau motel. Hotel-hotel di pusat kota/alun-alun kota mahal semua dan kalau baca review orang-orang, juga dari buku panduan Praha, mereka menyarankan untuk menginap di area Praha 02. Bukan di pusat kotanya karna selain susah mencari parkir mobil, disana ramai sekali. Sebenarnya ngga begitu mempermasalahkan sih, kalau terlelap tidur pasti juga ngga akan terdengar suara keramaian diluar kamar hotel. Tapi kendala kita adalah tempat parkir mobil. Beberapa hotel cocok dihati tapi mereka ngga menawarkan tempat parkir. Jadi, kita harus cari tempat parkir sendiri. Akhirnya setelah buka pilihan penginapan pakai peta di booking.com, aku menemukan apartemen di Praha 02, tepatnya di area Vysehrad. Pertama aku lihat foto-foto apartemennya, aku langsung jatuh cinta karna sepertinya cozy banget dan gaya stylenya lebih ke gaya Scandinavian. Interiornya banyak white and black. Dan harga sewa untuk 2 malam juga termasuk murah dibanding harga sewa penginapan di pusat kotanya. Harga sewanya adalah 172 EUR untuk seluruh kamar apartemen.

Vysehrad Area Apartemen mempunyai 3 kamar yaitu: kamar mandi, kamar tidur dan ruang keluarga yang jadi satu dengan dapur kecil dan meja makan. Untuk parkir mobil, kalau beruntung bisa parkir depan apartemn langsung. Pokoknya ngga terlalu ramai untuk parkir mobil. Mudahlah cari tempat parkir. Karna kita kesana di akhir pekan (Jumat-Minggu), jadi bebas biaya parkir. 😉  Aku lupa berapa biaya parkir per/jam atau sehari disana.

Apa yang kita butuhkan ada di apartemen ini. Mau masak, ada perlengkapan dapur yang lengkap, mau nyuci baju juga ada mesin cuci atau cuma sekedar ngopi dan nge-teh, mereka juga sudah siapkan. Tempatnya bersih, nyaman dan meskipun lokasinya ada dipinggir jalan besar yang dilalui tram juga, tapi malam hari tetap tenang. Ngga ramai lalu lalang orang, mungkin karna memang bukan pusat wisata. Tram juga ngga 24 jam jalan, jadi malam bisa tidur dengan nyaman.

Pemilik apartemen, Tomas namanya, juga sangat ramah dan komunikatif. Dari awal perjalanan kesana, dia sudah kirim pesan lewat sms untuk mengingatkan bagaiamana kita sampai ke apartemennya. Dia menjelaskan soal kunci apartemen, dll-nya secara detail. Beberapa hari sebelum hari H juga dia sudah kirim email dengan detail aturan apartemen, tips ke tempat-tempat wisata di Praha dan juga tips tentang Signal Light Festival, yang tidak boleh dilewatkan. Sesampainya di apartemen, kita disambut dengan note selamat datang, coklat dan karcis naik tram untuk 2 orang. Oh ya, kita ngga disambut langsung oleh Tomas. Dia punya kotak penyimpanan kunci apartemen yang hanya bisa dibuka dan diambil kuncinya dengan kode khusus.

Untuk pergi ke alun-alun kota atau kota tua Praha kita bisa pergi pakai tram yang haltenya hanya 100 m jaraknya dari apartemen. Didepan apartemen juga banyak resto dan toko-toko dan sekitar 150m ada supermarket besar. Tapi untuk membeli karcis tram, kita harus ke stasiun kereta yang ada di pusat kota dan ada beberapa pilihan karcis yang bisa kita beli. Di hari kedua kita lupa beli karcis untuk pergi ke kota tua pagi harinya. Jadi kita memutuskan untuk jalan kaki. Sambil jalan kaki, sambil melihat-lihat sudut kota yang menarik. Kalau mau baca trip date kita ke Praha, bisa baca disini.

Setelah trip selesai, Tomas mengirimkan pesan sms ke kita dan mengucapkan selamat kembali ke rumah dan semoga perjalanan di Praha kemarin menyenangkan. Dua hari kemudian aku dapat pesan sms lagi dari dia, bahwa dia senang sekali punya tamu seperti kami. Ketika mereka datang ke apartemen untuk ngecek dan bersih-bersih untuk tamu berikutnya, Tomas dan Martina (entah istrinya atau pacarnya) kaget karna apartemen dalam keadaan rapi dan bersih. Dia berharap tamu-tamunya seperti kami 🙂

Well, dimanapun kami menginap, terutama di apartemen, kami selalu menganggapnya seperti rumah sendiri. Jadi, kalau apartemen ketika kita datang sudah rapi dan bersih, maka kita berusaha untuk tetap menjaganya. Kalau hotel mungkin lain lagi. Karna tiap hari ada yang datang untuk membersihkan dan merapikan kamar.

Kalau ada dari kalian yang berencana ke Praha, aku sarankan menginap di apartemen ini. Rating di booking.com juga bagus semua. Di apartemen ini bisa menampung 4 orang. Ada tempat tidur dan 1 sofa bed/sleeper sofa. Untuk info lebih lanjut bisa lihat apartemen mereka di booking.com. Link ada dibawah.