Blog sebelumnya aku membahas tentang hak ciptaku yang dilanggar oleh seseorang, alias, dia memplagiat blog aku. Aku melaporkan kejadian ini dihari orang itu mencopas tulisanku ke bagian support hak cipta di WordPress. Dan ternyata respon dari WordPress cepat sekali, begitu juga tindakan dari mereka. Setelah mereka merespon email laporanku, mereka langsung memeriksa dan menindak lanjutinya dengan menghapus konten copasan orang itu di blognya. (Screenshotnya ada dibawah.)

Konten plagiat orang itupun juga sudah dihapus oleh pihak support hak cipta dengan catatan bahwa kontennya telah dihapus karena adanya pelaporan hak cipta oleh aku. 

DMCA adalah Digital Millennium Copyright Act, hukum hak cipta Amerika Serikat. Mereka mengendalikan akses karya-karya orang yang berhak cipta.

Aku ngga menyangka kalau support perihal hak cipta di WordPress sangat cepat. Pikirku, “ah, paling bakalan nunggu lama prosesnya”. Ternyata cuma butuh sehari aja untuk mereka menindak lanjuti masalahku. Pastinya lega dan senang karna masalahku terselesaikan dengan cepat. Tapi aku akan lebih berhati-hati dan akan ada sedikit perubahan dalam postingan blog-ku kedepannya.  

Untuk kalian yang juga memiliki blog, semoga kejadian ini tidak akan terjadi ke kalian dan kalau hak cipta kalian dilanggar orang, langsung laporkan ke support Hak Cipta.

xoxo,

Subscribe and share
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *