Kemarin aku dapat notifikasi email dari blogku kalau ada orang yang copas salah satu tulisanku disini! Orang tersebut sudah melanggar aturan hak cipta karena selain mencopas tanpa ijin, dia sengaja menghapus namaku diakhir tulisanku dan tidak mencantumkan sumbernya juga. Setelah aku cek seluruh isi free website dia yang (ternyata) baru bikin, orang ini ternyata cuma plagiat milik orang lain aja. Karna tidak hanya dia mencopas tulisanku, tapi dia mencopas dari orang-orang. Okay, dicopasan dia itu, dia mencantumkan sumbernya tapi kenapa yang dari punyaku dia ngga tulis sumbernya??? Aneh kan? 

Sepertinya orang ini ingin buka online shop yang menjual kartu pop up dan kerajinan tangan dari kertas lainnya. Postinganku yang dia copas adalah tentang bagaimana cari membuat Exploding Box.  Dan link dibawah ini adalah postingan dia yang mencopas tulisanku:  

Kemarin aku sudah kirim komentar di postingan dia itu tapi seperti yang sudah aku duga, dia cuekin komentar protesku. Dan pagi ini aku kirim email dia lewat kontak yang dia berikan di websitenya dibawah ini.

Aku tidak masalah kalau ada orang yang mencopas tulisanku TAPI etikanya adalah minta ijin, mencantumkan sumbernya dan tidak menghapus nama penulisnya! Karna aku nulis dan bikin tutorialnya pakai mikir dan membutuhkan waktu juga. Kayaknya di Indonesia itu banyak banget orang yang malas dan suka plagiat ya. Asal bikin free website tapi isinya plagiat semua. Ngga kreatif!

Aku sudah melaporkan masalah ini ke pihak WordPress dan sekarang sedang menunggu prosesnya. Karna masalah plagiat itu bukan masalah yang sepele! Semoga aja dia segera menghapus copasan dia atau, setidaknya menambahkan sumbernya dan namaku – kalau dia punya etika dan beriman* ( *: kata orang ini di akun Instagramnya)

In the past ideas came from the brain, now they came from google.

TRUE!!!

Anyway, It’s Friday dan aku ngga mau mikirin ini lebih dalam lagi. Sekarang tinggal tunggu konfirmasi dari WordPress mengenai laporanku aja. 

Have a great weekend! xoxo

Subscribe and share
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *