Exploding Box – beserta cara membuatnya

Disclosure: This post contains affiliate links. If you click on one of them, and make a purchase I’ll receive a commission

Sejak tahun 2012 aku mulai ‘jatuh cinta’ dengan kerajinan tangan membuat kotak kejutan ini, atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan Exploding Box. Dan kali ini aku akan melampirkan file pdf bagaimana cara membuat exploding box (Link ada dibawah) yang kalian bisa unduh.

Motif kertas karton dan kado bisa apa saja menurut selera atau tema. Disini aku menampilkan salah satu contoh exploding box dengan tema Hari Kasih Sayang, karna ini sudah memasuki bulan Februari dan sebentar lagi adalah Hari kasih sayang.  Biasanya aku membuat exploding box ini dengan 2 sampai 3 layer didasar box-nya, yang bisa aku hiasi dengan foto-foto dan juga ucapan-ucapan.

Kotak kejutan edisi Hari Kasih Sayang ini aku buat hanya dengan 1 layer saja karna ingin lebih simpel saja. Dengan model amplop di dua sisi dasar box yang aku selipkan kartu ucapan kecil. Di tengah dasar box aku tempelkan kue dari kertas karton yang bisa dibuka di bagian belakang kue. Kertas kue bisa diisi dengan permen, coklat mini atau juga dengan uang. (Link pola kue kertas ada dibawah)

Membuat kotak kejutan butuh ketelatenan tapi ini juga tidaklah sangat sulit untuk dibuat. Semua bisa membuat. Hadiah kotak kejutan akan lebih terkesan karena buatan sendiri dan juga lebih personal.

Material untuk membuat exploding box: 

  • 3 lembar kertas karton bermotif
  • 3 lembar kertas karton berwarna
  • 1 lembar kertas kado bermotif
  • 3 macam warna pita (Panjang menurut selera)

Material untuk membuat kertas kue:

  • 1 kertas karton berwarna
  • pita
  • hiasan bunga

Alat bantu (Beserta Link-nya digambar):

  • Gunting
Lem padat (adhesive)
Foam Square
Tear & Tape adhesive
Martha Stewart Scoring Board

 

Paper trimmer
Die-cutting machine
Stempel edisi Valentine (Bahasa Jerman)
Ink Pad Versa Craft nomor 14 Scarlet, 165 Pine dan Versa Color nomor 22 Fresh Green

Unduh file cara membuat Exploding Box

Unduh file pola Kue Kertas

Selamat mencoba ya! xoxo

8 thoughts on “Exploding Box – beserta cara membuatnya”

  1. Kak, bikin blog cara buat explosion box layer 2 dan 3, dong? Terus kasih tau beli bahannya dimana dan harganya berapa? Makasih.

    Jangan lupa baca blogku ya
    andhara14.blogspot.com

    1. Halo Andhara,
      barusan aku posting tata cara membuat explosion box dengan 3 layer. Kalau untuk bahan-bahannya aku beli online dan juga di toko khusus kerajinan tangan. Harnganya juga bermacam-macam.

  2. Nur Faizatul Ummah

    Hai kak, alat dan bahannya beli di mana ya kak? Ada di online kah? Kalau ada, nama tokonya apa ya kak?

    1. Hi! Ada beberapa material yang aku beli di toko kerajinan tangan disini (Jerman). Untuk online aku beli di Amazon dan Stampin’ Up.

  3. Kak, itu memang namanya kertas karton atau kertas manila, asturo, dll? Saya bilang kertas karton berwarna, rata2 penjual menjawab tidak tau. Padahal itu toko besar

    1. Hi,
      Namanya kertas karton. Kertas karton dan kertas manila beda ketebalannya. Kalau kertas karton ketebalannya lebih dari 200gsm. Nah, jenis kertas ini yang aku gunakan. Bisa juga pake kertas asturo 🙂 Pokoknya pakai kertas yang lebih tebal dari kertas manila… Kalau kertas yang biasa aku beli ukurannya 30,4 x 30,4cm / 12 x 12 inch dengan ketebalan 216gsm (80 lb)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)