Disclosure: This post contains affiliate links. If you click on one of them, and make a purchase I’ll receive a commission

Hi! Maaf nih sudah lama ngga nulis lagi. Kemarin-kemarin lagi terserang penyakit males nulis hihihi…

Anyway, hari ini cuaca berangin plus hujan rintik-rintik dan pastinya dingin sekali. Cuaca paling ngga menyenangkan. Lebih suka salju dari pada hujan. Oh, kemarin sempat turun salju juga lho. Tapi hanya beberapa hari aja. Besok cuaca juga sepertinya akan sama seperti hari ini. Aku berharapnya sih tidak berangin. Ngga masalah kalau dingin asal jangan berangin. Karna kalau temperatur udah dibawah 10 derajat di tambah angin itu ngga enak banget. Jadi terasa lebih dingin..brrrrr…

Tahun ini adalah yang ke 9x aku merayakan malam Tahun Baru dan 2x merayakan di tanah air Indonesia. Seperti di negara-negara lain, malam tahun baru disini juga meriah. Banyak venue-venue party khusus untuk merayakan malam tahun baru. Bedanya dengan Indonesia adalah cuaca. Disini ngga bisa merayakan malam tahun baru diluar karena dingin sekali. Setelah detik pergantian tahun, orang-orang akan keluar untuk melihat kembang api diluar dan setelah itu masuk lagi ke ruang party.

Tahun ini kami merayakan malam tahun baru dirumah sambil menikmati grill Raclette. Grill raclette disini adalah hidangan yang menurutku sangat typical  dinikmati atau dihidangkan di malam tahun baru di Jerman. Di Supermarket-supermarket juga akan ada promosi daging-daging dan hidangan pelengkap khusus untuk grill raclette. Atribut-atribut untuk merayakan tahun baru juga tentunya tidak ketinggalan. Untuk kembang api, disini mulai dijual di supermarket tanggal 28 Desember. Ada banyak macam kembang api dari yang kecil sampai besar. Bayangkan berapa juta euro yang akan dibakar di malam pergantian tahun di Jerman…

Besok malam setelah kita makan grill raclette dan menunggu detik-detik pergantian tahun, rencananya kita akan main Monopoly dan nonton film. Semoga aja si kecil besok malam betah melék sampai jam 00:00 biar bisa ikut menyalakan kembang api bersama anak-anak tetangga juga. Biasanya setelah pergantian tahun para tetangga juga keluar sambil membawa gelas champagne dan saling mengucapkan selamat tahun baru dengan tos gelas champagne ditambah pelukan (biasanya).

Kalau kalian, bagaimana kalian merayakan malam pergantian tahun? Yang pasti akan seru ya. Aku ucapakan selamat merayakan pergantian malam tahun baru bersama keluarga, teman dan kerabat kalian. Stay safe!

xoxo

Produk terkait