Disclosure: This post contains affiliate links. If you click on one of them, and make a purchase I’ll receive a commission
credit: mybuckelistevents

Kalian pasti sudah sering mendengar atau tahu tentang Oktoberfest di Munich, Jerman yang identik dengan  pakaian tradisi Bavaria mereka (Lederhosen dan gaun dirndl) dan juga gelas bir ukuran jumbo. Tak heran jika banyak orang yang menyebut bahwa ini adalah festival minum bir terbesar. Festival Oktoberfest sangat terkenal di kota Munich dan bahkan ini adalah salah satu festival terbesar di dunia. Bayangkan saja, pengunjung yang datang tiap tahunnya bisa mencapai 6 juta pengunjung. Tidak hanya pengunjung lokal saja tapi pengunjung dari berbagai negara di dunia datang ke festival Oktoberfest. Tanggal 16 September kemarin adalah hari pembukaan festival ini yang ditandai dengan pembukaan tong bir oleh walikota Munich dengan cara memukul keran tong bir sampai bir-nya keluar dan mengatakan “O’zapft!” (EN: It’s tapped!) yang artinya festival telah dibuka. Acara pembukaan diadakan di Wiesnzelt, tenda penyajian bir terbesar yang bisa mencakup ribuan orang di Oktoberfest.

Credit: muenchen.de

Untuk mendapatkan tempat duduk di Bierzelt (tenda penyajian bir) pengunjung bisa memesan tempat terlebih dahulu karena tenda ini selalu penuh. Menurut informasi nih, pengunjung sudah bisa memesan tempat di Wiesnzelt dari awal tahun lho. Selain Wiesnzelt, ada juga tenda-tenda festival lainnya yang bisa dipesan tempatnya. Itupun juga harus bersabar karna kapasitas tempatnya. Kalau tidak bisa/sempat memesan tempat, pengunjung juga bisa mengantri. Tapi ya itu, harus bangun pagi-pagi dan sabar ngantri panjang. Selain minum bir dengan gelas bir ukuran jumbo, hidangan tradisional Bavari juga di hidangkan disini, seperti:  sosis, “Wiesn-Hendl” (ayam panggang), Sauerkraut (kubis yang dipotong halus dan di fermentasi) dan Käsespätzle (mi keju). Tetapi ada juga hidangan lainnya yang bisa disantap.

Sejarah Oktoberfest

Credit: muenchen.de(Stadtarchiv München FS-NL-KV-1097)

Festival Oktoberfest berawal dari pernikahan Putra Mahkota Ludwig yang kemudian menjadi Raja Ludwig dan Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada tanggal 12 Oktober 1810. Semua penduduk kota Munich diundang untuk menghadiri pesta pernikahan kerajaan yang diadakan selama 16 hari di alun-alun gerbang kota. Alun-alun itu kemudian dinamakan “Theresienwiesn” (Alun-alun Therese) sebagai penghargaan Putra Mahkota Ludwig kepada istrinya, Putri Therese. Sekarang orang menyebutnya dengan “Wiesn”. Saking meriahnya pesta saat itu, semua penduduk kota meminta Raja Ludwig untuk mengadakan pesta perayaan disetiap tahunnya. Dulu masih memakai pondok-pondok bir kecil dan pada tahun 1986 digantikan dengan tenda bir.

Oktoberfest tahun 2017 ini adalah pesta perayaan mereka yang ke 210.

Yang perlu kamu tahu tentang Oktoberfest

credit: web.de

Oktoberfest diadakan dibulan September…tetapi kenapa namanya bukan Septemberfest?

Awal mula dari festival Oktoberfest adalah pesta penikahan Putra Mahkota Ludwig dan Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada tanggal 12 Oktober 1810, yang dirayakan selama 1 minggu sampai tanggal 17 Oktober. Perayaan pesta pernikahan untuk umum ini ditutup dengan pacuan kuda untuk keluarga kerajaan dan seluruh rakyat Bayern. Ini adalah cikal bakal festival Oktoberfest yang pertama kali. Setelah pesta perayaan yang spektakuler ini berakhir, pasangan pengantin memutuskan untuk mengadakan pesta perayaan yang sama di setiap tahunnya untuk seluruh rakyat Bayern. Awalnya tradisi pacuan kuda sebagai pembuka festival Oktoberfest. Namun saat ini sudah tidak diperlombakan lagi. Selain pacuan kuda, pertunjukan hewan ternak dan pawai dengan korsel juga ditambahkan. Pada tahun-tahun selajutnya, pesta perayaan masih diadakan pada bulan Oktober. Tetapi karena cuaca yang selalu dingin dan sempat bersalju di daerah Bavaria dibulan Oktober, pada tahun 1904 pesta perayaan dimajukan di pertengahan bulan September sampai awal Oktober.

Selain bir, apakah ada minuman lain yang bisa dikonsumsi di Oktoberfest?

credit: reuters/M. Dalder

Bir memang minuman yang paling mendominasi di Oktoberfest tapi kalian bisa juga memesan wine, champagne, soft drink dan minuman lainnya. Tinggal pesan saja mau minum apa, karna minum bir di Oktoberfest tidak wajib kok. Selain itu pengunjung yang datang ke Oktoberfest juga tidak dibatasi umurnya. Keluarga dengan anak-anak juga bisa datang ke Oktoberfest dan boleh masuk ke tenda-tenda bir. Tetapi, ada aturannya. Keluarga yang membawa anak-anak ke dalam tenda bir harus meninggalkan tenda setelah jam 8 malam. Karena diatas jam 8 malam, tenda akan sangat ramai dengan pengunjung dan pastinya tidak akan menyenangkan untuk anak-anak dan orang tua mereka, tentunya.

Batas umur mengkonsumsi minuman beralkohol di Jerman adalah 16 tahun keatas.

Dress code ke Oktoberfest

Credit: mybucketlistevents

99% pengunjung yang datang ke Oktoberfest bisa dibilang datang memakai baju tradisi Bavaria (dirndl dan lederhosen).  Tentunya kalian juga bisa datang memakai jeans dan t-shirt, tapi jangan ditambahi embel-embel yang aneh-aneh karna kalian akan terlihat paling aneh disana. Untuk kaum perempuan yang memutuskan untuk memakai gaun Bavaria, dirndl, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Yaitu, panjang rok dirndl harus menutupi lutut dan juga posisi tali pita dipinggang juga wajib diperhatikan.

Credit: Pinterest
  • Mengikat tali pita dipinggang sebelah kanan artinya sudah menikah atau punya pasangan/pacar.
  • Mengikat tali pita dipinggang sebelah kiri artinya masih single
  • Mengikat tali pita ditengah artinya masih perawan
  • Dan mengikat tali pita dibelakang artinya janda/waitress

Wiesn Beer

Bir ini mengandung kadar alkohol yang lebih ringan dari pada jenis bir pada umumnya. Rasanya lebih ringan dan tidak begitu pahit (menurut yang sudah pernah minum karna aku bukan fans dari bir). Tapi justru itu malah yang bahaya karna orang pasti akan terus minum karna 1 atau 2 liter tidak cepat memabukkan. Di festival tahun lalu total bir yang dikonsumsi pengunjung secara keseluruhan mencapai 7.5 juta liter! Tahun ini bir sudah mulai terjual mencapai rekor kecepatan dari tahun lalu, meskipun harga bir /liter naik ke harga 10.70 Euro (IDR 170.537,16)

Jam buka dan tutup tenda-tenda bir

Tenda menyediakan bir dari jam 10:00-22:30 di hari kerja (Senin-Jumat). Di akhir pekan (Sabtu & Minggu) dan hari libur lainnya, tenda buka dari jam 09:00-22:30. Pada pukul 22:30 band musik akan berhenti memainkan musiknya tapi lampu-lampu tenda masih tetap menyala karna para pelayan tenda akan mulai membersihkan meja-meja didalam tenda. Jadi biasanya kalian harus meninggalkan tenda pada pukul 22:30.

Aturan-aturan yang harus kalian perhatikan di festival Oktoberfest

Di link ini kalian bisa baca aturan apa saja yang harus kalian perhatikan sebelum datang ke Oktoberfest. (Tersedia dalam Bahasa Inggris)

Untuk merasakan dan ikut merayakan festival Oktoberfest, kalian tidak perlu lho pergi ke Munich. Karena banyak kota-kota di Jerman dan di negara-negara lain yang juga ikut merayakan festival Oktoberfest dengan cara mereka sendiri. Tentunya tidak sebesar yang di Munich ya, tapi setidaknya bisa ikut merasakan atmosphere festival Oktoberfest dikota kalian. Selain itu banyak toko-toko baju yang mengeluarkan edisi baju tradisional Bavaria diawal bulan September dengan harga yang  lebih terjangkau. Atau kalau mau lebih irit, kita bisa menyewa di tempat sewa khusus kostum dan baju tradisional.

Kalau kalian ingin datang ke Munich dan menghadiri festival Oktoberfest tahun depan atau tahun-tahun berikutnya, berikut jadwal festival Oktoberfest yang akan datang:

  • Oktoberfest 2018: September 22 – October 7
  • Oktoberfest 2019: September 21 – October 6
  • Oktoberfest 2020: September 19 – October 4

Jadi mulai dari sekarang kalian bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan jika kalian berencana untuk berkunjung ke Munich.

Kalau kalian punya informasi tambahan tentang Oktoberfest, silahkan ketik saja dikolom komentar.

xoxo

Produk terkait