Ketika sedang masak untuk makan siang dan tiba-tiba minyak goreng atau bahan masakan lainnya habis, jangan harap bisa pergi ke supermarket di hari Minggu. Karena semua toko dan supermarket tutup di hari minggu. Kecuali pada hari minggu itu supermarket buka dan jam buka pun tidak dari pagi, melainkan dari jam 13 siang sampai jam 18 sore dan tidak serentak di seluruh negara Jerman. Mereka menyebutnya “Verkaufsoffener Sonntag” (shopping Sundays). Tiap bagian negara di Jerman punya jadwal sendiri-sendiri dan hanya toko dan supermarket tertentu yang boleh buka di hari Minggu.

Aturan jam buka

Di tahun 1950an sampai tahun 1996 Jerman mempunyai aturan jam buka toko dari jam 07:00 – 18:30 di hari kerja dan di hari Sabtu mereka buka sampai jam 14:00. Menjelang Natal mereka diperbolehkan buka di hari Sabtu sampai jam 16:00, alias long Saturday shopping tapi tidak pernah buka di hari  Minggu karna waktu itu masih tidak diperbolehkan/dilarang. Meskipun demikian ada pengecualian untuk toko-toko kecil yang berada di stasiun kereta api, toko di pom bensin dan di bandar udara. Di tahun 1989 mereka merevisi ulang aturan jam buka toko dan memperbolehkan toko buka di hari Kamis sampai jam 20:30 (the long Thursday)

Akhirnya pada tahun 1996, lembaga perwakilan rakyat tertinggi negara (baca: Bundestag) menyetujui adanya perubahan jam buka toko karena masyarakat menginginkan jam buka toko lebih lama lagi. Sebulan menjelang Natal, yaitu dari 1 November, toko-toko diperbolehkan buka dari jam 06:00 – 20:00 di hari kerja dan di hari Sabtu buka sampai jam 16:00. The long Thursday ditiadakan. Tentunya masih ada pengecualian jam buka bagi restauran, toko roti, toko bunga dan pariwisata.

Setelah aturan berjalan selama 7 tahun, pada tahun 2003 Bundestag kembali membuat aturan jam buka toko baru, yaitu: toko boleh buka sampai jam 20:00 di hari Sabtu. Tapi pada tahun 2006 ada perubahan besar. Bahwa kebijakan jam buka toko bukan lagi tanggung jawab parlemen, melainkan kebijakan setiap negara bagian masing-masing. Ada 16 negara bagian di Jerman. Puncaknya di bulan Juli 2006, setiap negara bagian diperbolehkan membuat aturan jam buka toko sendiri. Jika ada negara bagian di Jerman yang tidak ingin mempunyai aturan sendiri, maka aturan jam buka toko akan mengikuti hukum federal yang berlaku. Sampai saat ini hanya negara bagian Bavaria dan Saarland yang tidak mempunyai aturan jam buka toko sendiri.

Shopping Sundays

Dari kebijakan yang memperbolehkan negara bagian Jerman untuk mengatur aturan jam buka toko sendiri tadi, di negara-negara bagian di Jerman membuat aturan jam buka toko di hari Minggu, yang mereka sebut dengan Verkaufsoffener Sonntag atau Shopping Sunday. Hanya toko-toko besar dan supermarket-supermarket tertentu yang diperbolehkan buka pada hari minggu. Jam buka di shopping Sunday dari jam 13:00 – 20:00. Kalau di negara bagian aku tinggal, mereka buka dari jam 13:00 –  18:00. Adapun hari-hari Minggu yang dilarang buka adalah hari-hari khusus seperti: 1 Januari, 1 Mei (Hari Buruh), Jumat Agung, Hari Paskah, Kamis Putih, Memorial Day, Eternity Sunday dan hari-hari libur di bulan Desember.

Shopping Sunday di setiap kota di satu negara bagian pun tidak serentak buka. Dalam satu tahun toko dan supermarket diperbolehkan 4x buka di shopping Sunday dan hanya di lokasi-lokasi pariwisata yang diperbolehkan buka maksimal 8x  di shopping Sunday.

Terus, ngapain saja di hari Minggu? Kalau begitu sepi dong karna ngga ada apa-apa. Hari minggu tidak selalu sepi karna selalu ada saja acara di kota-kota besar maupun kecil – acara-acara yang lebih santai. Ada juga yang pergi bersepedaan dan makan es krim (kalau cuaca sedang bagus) atau hanya bersantai-santai saja dirumah. Mereka menyebut hari Minggu juga hari tenang jadi jangan heran jika tetanggamu ada yang protes kalau kamu memotong rumput memakai mesin atau menyalakan mesin di hari Minggu 😀

Beda lagi dengan salon rambut. Salon Rambut tutup di hari Minggu dan Senin. Kenapa bisa demikian? Nanti aku akan coba mengulas di blog berikutnya.

Selamat berhari Minggu

xoxo

*Sumber Informasi:

Wikipedia, The German Way & Verkaufsoffener Sonntage